Bersikap Tidak Mencurigakan

By Guido Tamara
September 23, 2020

Sudah lama sekali tidak membaca novel-novel karya Agatha Christie lagi terakhir kali saya membaca ‘Rahasia Chimneys’, memang terdengar asing dan ketinggalan zaman walaupun begitu masih layak untuk dibaca. Beberapa minggu lalu saya sempat lagi membaca novel Agatha Christie berjudul ‘ Pembunuhan atas Roger Ackroyd ‘ ini novel  yang membuat saya tidak bisa tidur pada hari tepat menyelesaikan novel satu ini. Sebagai pecinta cerita detektif dan misteri, novel satu ini memiliki plot twist yang membuat saya terdiam sementara dan bengong dalam hati berkata “kok bisa ya?”. Dalam review buku pada situs Goodreads ternyata novel ini salah satu novel Agatha Christie dengan rating paling tinggi bersama 2 novel ‘ Sepuluh Anak Negro’ dan ‘Pembunuhan Atas Orient Express’.

Sinopsis

Mrs. Ferrars meracuni suaminya…

 

Tetapi tidak seorang pun mencurigainya, kecuali pemerasnya… Sampai ia bunuh diri, dan meninggalkan sepucuk surat untuk laki-laki yang dicintainya.

Roger Ackroyd tidak pernah membaca surat itu sampai selesai…

 

Karena si pemeras telah beralih melakukan kejahatan lain, pembunuhan.

 

Dan tidak satu orang pun mencurigainya pula… tidak seorang pun, kecuali Hercule Poirot.

Masuk sedikit cerita,

Bermula seorang lelaki kaya raya bernama Roger Ackroyd secara mengejutkan dibunuh pada malam hari di ruang kerja rumahnya. Dia dibunuh tepat saat menerima surat dari wanita yang akan dinikahinya yaitu Mrs. Ferrars. Roger Ackroyd tidak pernah membaca surat itu sampai selesai. Sampai pada akhirnya keponakan korban bernama Flora Ackroyd mendatangi segera kepada Hercule Poirot yang sudah pensiun menjadi detektif dan secara kebetulan baru pindah ke King’s Abbot untuk meminta bantuan untuk memecahkan misteri tersebut. Beberapa orang yang berada dirumah dituduh serta memiliki cukup motif untuk dijadikan sang tersangka pembunuh.

Sang detektif Hercule Poirot ditemani rekan barunya Dr. Sheppard telah mendapatkan berbagai petunjuk untuk mengetahui siapa dalang peristiwa pembunuhan keji itu. SIAPAKAH PEMBUNUHNYA?

Awal membaca agak sedikit membosankan, tetapi masuk bagian tengah halaman buku mulai masuk menikmati ceritanya .

Akhir cerita buku ini benar-benar diluar dugaan. Mungkin ini salah satu kasus yang pernah saya baca yang bikin benar-benar “kena” oleh novel satu ini. Dan, pengalaman membaca novel ini dibuat ingin terus  membacanya sampai tamat saking penasarannya itu, tak heran juga sih novel satu ini menjadi salah satu terbaik dari karya Agatha Christie.

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *